Select Page


Mesin CTCP – Untuk memotong berbagai jenis bahan seperti acrylic atau plat besi tidak lagi perlu dilakukan secara manual. Karena sudah semakin banyak tersedia jenis mesin laser cutting, yang memiliki kemampuan bagus untuk hasil potongnya.

Ada beberapa macam untuk jenis mesin ini yang banyak dipergunakan, namun yang paling populer adalah jenis CO2 laser. Dan disini akan dibahas mengenai CO2 laser tersebut, mengenai kemampuan dan kelebihan serta kekurangannya.

Ukuran yang tersedia juga ada beberapa macam, namun yang paling banyak dipergunakan adalah 130 x 90 dan 130 x 250 cm. Sedangkan untuk merknya sendiri ada banyak tersedia, dan mayoritas merupakan brand asal China.

Mesin Laser Cutting Non-metal

Mesin laser cutting CO2 non-metal ini tidak dapat digunakan untuk pengerjaan pada bahan metal, jadi memang khusus hanya pada non-metal saja. Selain dapat digunakan untuk memotong, juga dapat melakukan proses grafir laser (engraving), dengan hasil kerja yang cukup bagus.

Biasanya pada jasa laser cutting digunakan untuk pengerjaan pada bahan:

  • Acrylic
  • Kayu
  • MDF
  • Kertas karton
  • ABS Plastic
  • Kulit / Leather
  • DLL

Paling banyak memang pengerjaan pada bahan akrilik, baik untuk pemotongan atau di grafir, dan hasil kerjanya juga bagus. Namun untuk hasil kerja juga ada pengaruh dari kemampuan atau kinerja mesin tersebut.

Ukuran bidang area kerja paling kecil adalah 60 x 50 cm, lalu kemudian ada 130 x 90 cm. Sedangkan untuk yang memiliki bidang area kerja paling besar mencapai 130 x 250 cm, atau seukuran triplek.

Power yang tersedia mulai dari 60 watt, sampai dengan 130 watt, semakin besar power maka semakin tebal bahan yang dapat dipotong. Sebagai contoh, untuk mesin laser cutting yang memiliki power 130 watt dapat digunakan memotong bahan acrylic yang memiliki ketebalan sampai 2 cm.

Powernya ini berasal dari tabung laser, dan tabungnya sendiri bersifat consumable, atau ada masa habis pakainya. Biasanya umur pemakain dari lasertube ini sendiri rata-rata 6000 – 8000 jam. Dan jika sudah habis harus dilakukan penggantian dengan yang baru, karena powernya akan habis sedikit demi sedikit.

Baca juga: Mesin Digital Printing Dan Jenisnya

Mesin Laser Cutting Oree O-M 0605
Mesin Laser Cutting Oree O-C 1309
Mesin Laser Cutting Oree O-B 1325

Mesin Laser Cutting Metal Mix

Mesin laser cutting metal mix dapat dipergunakan untuk memotong bahan metal maupun non-metal, namun perlu di catat bahwa kemampuannya terbatas. Untuk pengerjaan pada bahan metal terbatas ketebalan bahan yang dapat dipotong, contohnya adalah stainless steel yang hanya 0,8 mm.

Powernya sendiri mulai dari 150 watt sampai dengan 260 watt, dan tentu dengan harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan non-metal. Hasil potong dari bahan metal sendiri akan membutuhkan finishing lagi, karena tidak terlalu halus, masih sedikit bergerigi.

Sebenarnya mesin ini bisa dikatakan agak “nanggung”, karena tidak maksimal pada bahan metal, dan juga non-metal. Karena pengerjaan pada bahan metal untuk hasil yang jauh lebih bagus adalah dengan menggunakan mesin fiber laser.

Ukuran yang tersedia mulai dari 130 x 90 cm, sampai dengan 130 x 250 cm, atau seukuran triplek. Dari segi fisik lebih berat dibandingkan dengan jenis CO2 laser non-metal, dan kepala laser biasanya berwarna biru, selain powernya yang juga berbeda untuk lainnya sama.

Demikian informasi mengenai mesin laser cutting terlengkap ini, semoga dapat membantu. Jika berminat atau membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia.

  • Laser Cutting
5