Select Page


Mesin CTCP – Ada beberapa macam jenis large format printer yang tersedia di pasaran saat ini, dengan banyak merk yang ada serta kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mesin digital printing yang ada mayoritas merupakan brand asal China dan Jepang, dengan harga jual yang cukup jauh berbeda.

Ada 4 jenis printer besar ini yang paling banyak dipergunakan, tidak hanya dalam bidang digital printing saja, tetapi juga bidang lainnya. 4 jenis printer ini yaitu:

  • Printer Indoor
  • Printer Outdoor
  • Printer UV
  • Printer Sublimasi

Jenis printer tersebut memiliki kemampuan yang berbeda, ada yang memang digunakan pada bidang advertising pada digital printing. Ada juga yang digunakan pada bidang konveksi serta industri kreatif. Untuk penjelasan setiap jenisnyya adalah sebagai berikut;

Mesin Digital Printing Xuli X6-1880

Mesin Digital Printing Indoor

Mesin digital printing indoor ini adalah yang menggunakan tinta ecosolvent, memiliki bidang area cetak antara 1,6 – 1,8 meter. Biasanya banyak dipergunakan untuk print bahan sticker, atau bahan indoor lain seperti albatros dan luster, serta canvas.

Ada beberapa jenis printhead yang tersedia untuk printer indoor ini, dengan kemampuannya tersendiri.

Printhead pada printer indoor ecosolvent ini diantaranya:

  • Epson DX5
  • Epson DX7
  • XAAR 1201
  • Toshiba
  • DLL

Hasil print dari printer ecosolvent ini bagus dan halus, lebih detail dibandingkan dengan jenis printer outdoor. Dari segi harga juga merupakan yang paling murah, mulai dari 100 jutaan, tergantung dari printhead yang dipergunakan.

Untuk harga tintanya sendiri mulai dari 350 ribuan untuk setiap liternya, dan itu untuk satu warna, sedangkan warna yang digunakan adalah CMYK. Ini merupakan salah satu yang paling banyak dipergunakan dalam bidang jasa digital printing yang ada.

Jika lebih banyak untuk memproduksi sticker atau pembuatan x-banner dan sejenisnya, akan lebih tepat menggunakan mesin printing ini. Meskipun tetap dapat digunakan untuk print pada bahan flexi, tetapi tidak akan efisien, mengingat harga jasanya tidak sebanding dengan cost produksinya.

Mesin Digital Printing Xuli X6-1000

Mesin Digital Printing Outdoor

Mesin digital printing outdoor termasuk juga yang paling banyak digunakan, dengan lebar area cetak yang lebih besar. Printer ini menggunakan tinta jenis solvent, dan lebih banyak difungsikan sebagai mesin cetak banner pada bahan flexi.

Untuk printheadnya sendiri lebih banyak lagi jenis yang tersedia, dan berpengaruh pada kecepatan cetaknya.

Untuk printheadnya sendiri yang diketahui beberapa diantaranya:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • Konica 1024i
  • Polaris
  • Panasonic
  • DLL

Lebar area print mencapai 3,2 meter, sehingga 1 roll bahan flexi dapat di print langsung tanpa harus dipotong terlebih dahulu. Ini menggunakan tinta solvent yang harus disesuaikan dengan printheadnya, karena beda printhead maka beda tintanya.

Harga tinta solvent mulai dari 650 ribu/galon yang berisi 5 liter, itu untuk setiap warnanya, dan membutuhkan 4 warna CMYK. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah printer dengan printhead Konica 512i dan 1024i.

Meskipun tetap dapat digunakan untuk print pada bahan sticker, tetapi lebih banyak yang menggunakan untuk print pada bahan digital printing flexi. Karena cost produksinya sesuai dengan harga jual dari cetak banner di pasaran, dan masih masuk dalam perhitungan.

Mesin Digital Printing Xuli UV X6-1880

Mesin Digital Printing UV

Mesin digital printing UV ada dua jenis, yaitu roll to roll dan flatbed, keduanya memiliki fisik yang berbeda dengan fungsi yang agak berbeda juga. Dan jenis printer UV ini merupakan yang paling mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Terlebih lagi untuk jenis printer UV flatbed, namun memang sesuai dengan kemampuannya.

Untuk jenis roll lebih banyak digunakan print pada bahan canvas dan wallpaper, serta bahan sticker pada tempat yang mengutamakan kualitas. Hasil cetaknya memang lebih bagus jika dibandingkan dengan menggunakan printer ecosolvent.

Perbedaan pada fisik mesinnya adalah ketika melakukan proses print akan terlihat lampu UV yang menyala. Lalu dilengkapi dengan chiller yang berfungsi sebagai pendingin, chiller ini di isi dengan air biasa, atau akan lebih bagus dengan radiator coolent.

Hasil cetaknya juga ketika diraba dengan tangan akan lebih terasa, karena sedikit timbul, daya tahan hasil print jauh lebih lama. Untuk yang menggunakan double printhead sudah tersedia jenis tinta putih, sehingga bisa untuk print pada bahan berwarna gelap atau transparant.

Mesin digital printing uV flatbed berbeda lagi, fisiknya datar seperti meja dengan ukuran area cetak bervariasi. Ini adalah jenis printer termahal, karena harga jualnya sendiri mulai dari 850 jutaan sampai dengan lebih dari 1 M.

Bisa digunakan untuk print pada material bahan keras dan tebal seperti kaca, acrylic, kayu, MDF, serta bahan lainnya. Printer flatbed ini bahkan ada yang sanggup untuk melakukan print pada bahan yang memiliki ketebalan hingga 10 cm.

Dan untuk UV flatbed ini ada selain sudah dilengkapi dengan tinta putih, ada juga yang sudah memiliki vernish sebagai finishing akhir. Kebanyakan penggunanya adalah yang sudah memiliki produk sendiri untuk dijual, serta pada bidang industri kreatif.

Mesin Digital Printing Xuli Sublime X6-1880

Mesin Digital Printing Sublimasi

Mesin digital printing sublimasi meskipun dari segi fisik sama seperti printer indoor, tetapi penggunaannya berbeda jauh sama sekali. Digunakan untuk print pada bahan kain, namun hanya kain yang mengandung unsur Polyester atau PE saja.

Namun cara kerjanya tidak langsung print pada bahan kain, tetapi dengan transfer paper.

Jadi transfer paper di print menggunakan printer ini, kemudian di press dengan mesin hot press pada bahan kain. Cara ini hasilnya jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan printer yang print langsung pada bahan kain, dan membuat printer lebih awet.

Memang membutuhkan dua jenis mesin yang berbeda, tetapi lebih maksimal untuk hasil cetaknya pada kain. Kebanyakan penggunanya adalah produsen jersey dan tas, serta digunakan juga pada pembuatan handuk dan boneka.

Harganya juga sama seperti printer ecosolvent, karena memang menggunakan mesin yang sama juga. Hanya perbedaannya adalah tintanya menggunakan jenis tinta sublime, bukan ecosolvent. Untuk harga tinta sublime mulai dari 450 ribu untuk perliternya, dan menggunakan 4 warna CMYK.

Demikian informasi mengenai mesin digital printing dan jenisnya, semoga membantu dan menambah informasi. Jika berminat bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Large Format Printer
5